Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan

  • November 26, 2015
  • 2
  • 40929
Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan

Dalam kehidupan sehari-hari, orang awam cenderung mengenal hanya satu jenis kertas saja yaitu kertas HVS. Kertas ini menjadi sangat populer, karena sering digunakan untuk mencetak dokumen/fotocopy dan sangat mudah didapat di pasaran. Namun, bagi industri percetakan kertas HVS hanyalah satu dari banyak jenis kertas yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis kertas yang umum digunakan oleh industri percetakan.

1. HVS

Sebagai informasi, HVS merupakan singkatan dari bahasa Belanda, ‘houtvrij schrijfpapier’ yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas HVS sering kali dijumpai dalam kegiatan sehari-hari untuk pencetakan dokumen dan juga fotocopy. Kertas HVS termasuk dalam jenis kertas uncoated yang memiliki tekstur cukup kasar dan permukaannya bergelombang sehingga hasil cetaknya tidak menimbulkan efek glossy. Kertas HVS umumnya berwarna putih pada kedua sisinya dan memiliki varian gramatur dari 60 gr hingga 100 gr. Kertas ini cocok sekali untuk pembuatan isi buku, kop surat, dokumen arsip, laporan skripsi, dll.

2. Art Paper

Art Paper adalah kertas jenis coated yang sering digunakan pada percetakan offset dan juga digital. Kertas jenis ini memiliki karakteristik mengkilat dan halus serta bisa ditambahkan laminating doff, glossy, maupun dengan UV untuk hasil cetak maksimal. Biasanya, Art Paper digunakan sebagai bahan untuk mencetak poster, brosur/flyer, namun tidak menutup kemungkinan untuk mencetak sampul majalah yang full color. Kertas jenis ini memiliki varian gramatur dari 100 gr hingga 150 gr. Gramatur yang biasa kami pakai yaitu 120 gr dan 150 gr.

3. Art Carton

Art Carton memiliki karaktersitik serupa dengan jenis kertas Art Paper.  Namun, yang membedakan Art Carton dengan Art Paper adalah ketebalannya. Kertas Art Carton memiliki varian ketebalan mulai dari 180 gr hingga 400 gr. Di tempat kami tersedia ketebalan 190 gr, 210 gr, 260 gr dan 310 gr. Art Carton biasanya digunakan untuk pembuatan kartu nama, sampul buku atau majalah, kartu undangan, kalender, packaging box, paperbag, dll.

4. Matt Paper

Secara kasat mata, Matt Paper  memiliki bentuk yang serupa dengan Art Paper. Namun, jika dilihat lebih detail, kertas ini memiliki perbedaan mendasar pada permukaan, yakni tidak mengkilat (semi doff). Matt Paper sering digunakan untuk mencetak majalah karena bisa memberi nuansa doff. Hal lain yang membuat kertas jenis ini sering digunakan adalah karena Matt Paper lebih cepat meresap tinta dibandingkan dengan kertas Art Paper.

5. Kertas Bertekstur

Jenis kertas bertekstur seperti Linen, Concorde, Coronado, Rajawali di tempat kami sering digunakan untuk pembuatan kartu nama, kartu undangan, sertifikat, paperbag, packaging box, dll.

6. Jasmine

Kertas Jasmine banyak digunakan untuk pembuatan undangan. Kertas ini memiliki nuansa gliter warna kuning di permukaannya dan gramatur umumnya cuma 1 ukuran.

7. Tik

Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated dan tersedia dalam beragam warna. Biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat, undangan, dll. Gramaturnya yang biasa dipakai adalah 160 gr, 220 gr dan 250 gr.

8. Corrugated

Sesuai namanya, Corrugated adalah karton bergelombang yang diluarnya dilapisi kertas sebagai liner-nya. Kertas ini juga bisa dipadu dengan kertas Duplex dan bisa dicetak full color. Kertas atau bahan ini sangat umum digunakan untuk pembuatan kotak kardus yang biasa untuk kemasan barang maupun makanan/minuman seperti kotak kardus mie instan dan air mineral.

9. Duplex

Kertas jenis ini sering sekali dijumpai sebagai kotak untuk kemasan makanan. Karakteristik kertas Duplex adalah memiliki satu sisi berwarna putih berkilau dan di sisi lain berwarna abu-abu serta bertekstur kasar.  Kertas ini memiliki varian gramatur dari 250 gr hingga 400 gr.

10. Ivory

Hal yang menarik dari kertas Ivory adalah kertas jenis ini seperti gabungan dari Art Carton dengan Matt Paper karena memiliki sisi yang mengkilat dan doff di sisi lain. Karena karakteristik inilah kertas ini menjadi populer untuk dijadikan katalog. Kertas Ivory memiliki variasi gramatur dari 210 gr hingga 400 gr.

11. Samson Craft

Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat tua dan muda. Biasanya, kertas ini digunakan untuk membuat paperbag dan pembungkus. Gramaturnya yang sering dipakai 70 gr dan 80 gr.

12. Fancy Paper

Fancy Paper adalah kertas yang memiliki karakteristik dan warna-warna yang unik. Jenis Fancy Paper sangat beragam dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan kertas yang umum digunakan. Biasanya, kertas jenis ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu dan setiap kertas bisa menunjukan identitas suatu perusahaan maupun konsep yang ada dalam kegiatan tersebut.

Jenis kertas yang disebutkan di atas merupakan sebagian jenis kertas yang umum dipakai di industri percetakan. Sebenarnya masih banyak sekali jenis kertas yang beredar di pasaran dan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan cetak digital maupun offset. Semoga bermanfaat… :)

(sk/yy)

Sumber: Berbagai sumber

Share:

2 Comment(s)

arlub
November 12, 2018 at 07:45 WIB
thanks infonya, sangat bermanfaat bagi yang baru masuk ke dunia percetakan dan harus lebih mengenal dengan namanya jenis jenis kertas. :D

Leave a Comment

Thank you for sending your comment!

Most Comments

December 17, 2015 - 1 Comment
November 26, 2015 - 2 Comments
July 06, 2015 - 1 Comment

Blog's Archive

CONTACT US

Thanks for taking the time to contact us! Feel free to say hello!

Your message has been sent. Thank you!

Visit us:

Jl. Mayor Salim Batubara No. 2401 Sekip Pangkal, Palembang 30126

Call us for more info:

+62711 353543

Or mail us to:

info@studiokreasindo.com